Social Icons

Fakta Tentang Gula

gula itu sangat manis..dan yang manis bisa menyebabkan kegemukan..tahukan anda ? dimana ada gula di situ ada semut..intinya semut paling doyan sama gula..tapi dia ga gemuk-gemuk ..gedenya tetep aja segede gitu,
tapi faktanya memang benar.
banyak masyarakat berpendat Efek negatif dari gula yang sering ditakuti adalah penyakit kencing manis atau diabetes khususnya diabetes melitus tipe dua. Penyakit ini disebabkan karena gaya hidup yang tidak sehat misalnya terlalu banyak mengkonsumsi gula. Kelebihan gula juga dapat mengakibatkan naiknya berat badan bahkan obesitas yang dapat menimbulkan berbagai penyakit. Efek lainnya adalah mudah lelah, sering mengantuk dan sulit berkonsentrasi. Sedangkan orang yang kekurangan gula akan terlihat kurus, lemas akibat kekurangan energi, kekurangan gizi sehingga mudah sakit.
Gula didapat bukan hanya dari makanan manis, karena makanan seperti nasi, roti, kentang, dan mie memiliki kandungan gula. Begitu juga dalam lauk-pauk dan buah seperti pisang, semangka atau melon. Gula yang berasal dari makanan ini termasuk dalam karbohidrat kompleks. Sedangkan gula yang terdapat dalam gula pasir, sirop dan sejenisnya termasuk dalam kelompok karbohirat sederhana. Minuman bersoda juga merupakan salah satu penyumbang gula bagi tubuh bila Anda terlalu sering mengkonsumsinya. Tidaklah mungkin menghindari gula karena gula adalah salah satu jenis karbohidrat. Dan seperti yang sudah diketahui, karbohidrat ini sangat diperlukan untuk menghasilkan energi yang digunakan dalam aktivitas sehari-hari. Maka, yang terpenting adalah bagaimana mengkonsumsi gula secara seimbang agar tidak membahayakan tubuh.
oyaaa ada juga nih cara pengendalian gula darah
Pengendalian kadar gula darah dan insulin dalam tubuh sangat penting dilakukan oleh para penderita diabetes untuk mencegah menurunnya daya tahan tubuh. Hal ini juga bermanfaat sebagai gaya hidup sehat yang berguna tidak hanya bagi penderita diabetes, tetapi juga bagi orang lainnya agar terhindar dari penyakit diabetes.

  1. Diet
    Diet sangat membantu para penderita diabetes tipe 1 dan diabetes tipe 2 untuk mengontrol kadar gula darah. Kuncinya adalah membatasi asupan karbohidrat sebagai faktor utama yang mempengaruhi level gula darah.
    Penuhi diet dengan sayuran, buah-buahan, daging, kacang-kacangan, susu, dan biji-bijian. Buatlah pola makan yang sehat dan sesuai dengan kondisi tubuh Anda. Konsumsi diet tinggi serat (25-35 gram per hari) untuk membantu mengurangi risiko diabetes tipe 2.
  2. Olahraga
    Lakukan olahraga ringan secara teratur. Olahraga terbukti positif dapat mengontrol dan menurunkan level gula darah dalam tubuh, terutama pada penderita diabetes tipe 2. Olahraga dapat meningkatkan sensitivitas tubuh terhadap insulin yang kemudian merangsang hati dan otot mengolah glukosa.
  3. Hindari Hipoglikemia
    Jus, buah, dan permen adalah sumber gula yang membantu Anda terhindar dari kondisi gula darah yang terlalu rendah. Konsumsi setidaknya 15-20 gram gula atau karbohidrat dalam sehari untuk mengatasi hipoglikemia.
  4. Perbaiki Gaya Hidup
    Hal lain yang dapat mempengaruhi diabetes adalah stres dan gaya hidup tidak sehat seperti merokok. Stres membuat kadar gula darah melonjak. Atasi dengan yoga, meditasi, dan melakukan hobi yang menyenangkan. Sedangkan rokok meningkatkan kemungkinan Anda mengalami komplikasi diabetes pada kaki, kerusakan saraf, mata, jantung, pembuluh darah, dan penyakit ginjal.
    Perbaikilah gaya hidup Anda dengan menghindari alkohol, rutin melakukan tes gula darah, perbanyak minum air, dan makan lebih teratur.
Tips ini tentu dapat bermanfaat hanya jika diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Berikan diri Anda motivasi, sayangi diri Anda, dan hiduplah dengan lebih sehat dan teratur. Diabetes bukanlah sebuah hal yang menakutkan, yang Anda perlukan adalah cara yang tepat untuk mengatasi dan meringankan risiko yang mungkin terjadi. Semoga kesehatan Anda selalu terjaga dengan baik!,
intinya konsumsi gula yang berlebihan akan merugikan dirikita sendiri jadi jaga pola hidup sehat anda agar gula darah tetap terkontrol Tubuh akan menjadi sehat bila Anda mampu mengontrol keseimbangan antara energi yang masuk melalui makanan dan minuman dengan energi yang dikeluarkan melalui berbagai kegiatan fisik. Dan tentu saja, ini termasuk berlaku seimbang saat Anda mengkonsumsi berbagai produk yang mengandung gula...
buat lebih lengkapnya bisa klik link d bawahini ..
Mengontrol Gula Darah

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

 
 
Blogger Templates