Pengertian
Organisasi Modern
Teori modern
adalah multidisiplin dengan sumbangan dari berbagai disiplin ilmu pengetahuan.
Teori modern melihat bahwa semua unsur organisasi sebagai satu kesatuan dan
saling ketergantungan, yang di dalamnya mengemukakan bahwa organisasi bukanlah
suatu sistem tertutup yang berkaitan dengan lingkungan yang stabil, akan tetapi
organisasi merupakan sistem terbuka. Interaksi dinamis antar proses, bagian dan
fungsi dalam suatu organisasi, maupun dengan organisasi lain dan dengan
lingkungan.
Suatu organisasi
merupakan suatu proses yang tersusun para individu saling mempengaruhi untuk
berbagai tujuan. Dalam Pendekatan Modern menyatakan bahwa yang dimiliki saat
ini bukan teori mengenai organisasi tetapi way of thinking atau cara berfikir
mengenai organisasi, cara melihat dan menganalisis secara lebih tepat dan
mendalam, yang dilakukan melalui keteraturan atau regularitas perilaku
organisasi, yang hanya berlaku untuk suatu lingkungan atau kondisi tertentu.
Dasar Pemikiran Organisasi
Modern
Teori Organisasi Modern berawal
dari dasar pemikiran, yaitu:
1.
Teori klasik memusatkan pandangannya pada analisa dan
deskripsi organisasi, sasaran organisasi dibagi menjadi bagian-bagian yang
lebih kecil sesuai hakikat pekerjaannya.
2.
Teori Modern menekankan pada perpaduan dan
perancangan,menyediakan pemenuhan suatu kebutuhan yang menyeluruh.
3.
Ilmu pengetahuan klasik telah membicarakan konsep
koordinasi,
skalar dan vertikal.
Ciri-Ciri Organisasi Modern
Organisasi telah mengalami
perkembangan yang sangat signifikan dalam dunia modern ini. Ciri-ciri
organisasi modern adalah :
- Organisasi bertambah besar
- Pengolahan data semakin cepat
- Penggunaan staff lebih intensif
- Kecenderungan spesialisasi
- Memiliki prinsip-prinsip organisasi
- Memiliki unsur-unsur organisasi yang lebih lengkap
Tidak ada komentar :
Posting Komentar