Social Icons

Mengenal CLI dan GUI

Command-line interface,

Antarmuka baris perintah (bahasa Inggris: command-line interface, CLI) adaadalah mekanisme interaksi dengan sistem operasi atau perangkat lunak komputer dengan mengetikkan perintah untuk menjalankan tugas tertentu. Antarmuka hanya-teks ini merupakan kontras dari penggunaan peranti penunjuk untuk mengeklik pilihan pada antarmuka pengguna grafis (GUI), atau penggunaan menu untuk memilih pilihan pada antarmuka pengguna teks (TUI).Konsep CLI dimulai sewaktu teletypewriter machine (TTY) dihubungkan ke komputer pada dasawarsa 1950-an dan terus berkembang bersama dengan sistem GUI seperti Microsoft Windows, Mac OS, dan X Window System. Pada beberapa aplikasi, seperti MATLAB dan AutoCAD, CLI terintegrasi dengan GUI dan mendapat manfaat dari keduanya. (http://id.wikipedia.org/wiki/Antarmuka_baris_perintah). Pada umumnya proses penggunaan antarmuka baris perintah (CLI) ini biasa juga disebut dengan akses [[konsole atau console]] - walaupun istilah konsole juga mengacu pada antarmuka berbasis jendela yang sangat rumit.


Penggunaan CLI 
CLI umum digunakan pada sistem operasi berbasis [[linux]] maupun lainnya - terutama untuk pemrograman sistem dasar seperti : fungsi date, uname, echo, ifconfig dsb. CLI sangat berhubungan dengan bahasa pemrograman yang digunakan pada sebuah sistem operasi [[OS]], atau yang biasa dikenal dengan [[shell]] - yaitu lingkungan bahasa pemrograman tertentu yang digunakan dalam membangun atau mengembangkan sistem operasi tersebut. Beberapa contoh bahasa pemrograman yang berhubungan dengan CLI dan shell : * [[csh]] * [[bash]] * [[ksh]] * dsb Setiapnya memiliki kemampuan dan karakteristik maupun ciri khas tersendiri dalam penggunaannya sesuai dengan perpustakaan perintah (command library) yang dimiliki - yang berarti pengguna CLI harus mempelajari perpustakaan perintah sebelum memberikan perintah pada komputer, atau komputer tidak akan mengerti apa yang diperintahkan pengguna, bagaimana cara mengolah dan menampilkan hasilnya (output). Beberapa contoh input dan output sederhana dari sebuah CLI : ~$ echo halo halo dimana 'echo halo' pada baris pertama adalah perintah (input), dan 'halo' pada baris kedua adalah keluaran (output) dari perintah 'echo halo'. Tanda '$' merupakan tingkatan penggunaan [[shell]] pada sebuah sistem operasi.

Pengenalan CLI di Linux
Seperti pada saat akan menginputkan perintah di DOS, command line atau baris perintah di Linux juga diketikkan di prompt dan diakhiri enter untuk mengeksekusi perintah tersebut. Baris perintah merupakan cara yang lebih efisien untuk melakukan sesuatu pekerjaan oleh karena itu pemakai Linux tetap mengandalkan cara ini untuk bekerja. Sebaiknya pemula juga harus mengetahui dan sedikitnya pernah menggunanakan perintah baris ini karena suatu saat pengetahuan akan perintah-perintah ini bisa sangat diperlukan.
Berikut ini adalah beberapa contoh perintah yang digunakan di sistem operasi Linux Blankon 5 Nanggar pada mode CLI, baik Desktop maupun Server, yang juga banyak untuk bisa digunakan pada distro yang lain. Pada contoh ini menggunakan Blankon 5 Nanggar.
1. sudo su
Digunakan untuk login sebagai root/pengguna tertinggi Sintaks sudo su
2. login
Digunakan untuk login sebagai user lain, namun harus menjadi root dulu untuk bisa menjalankan perintah ini. Sintaks : login namauser Contoh : login adam
3. cd
Digunakan untuk berpindah direktori Sintaks : cd alamat_direktori Contoh : cd /var/www

Graphic User Interface.


GUI merupakan jenis antarmuka pengguna yang menggunakan metoda interaksi pada piranti elektronik secara grafis. Gui menjadi salah satu factor kemudahan penggunaan computer dan berbagai media elektronik yang ada pada saat ini. Gui menggambarkan informasi dari perintah yang tersedia kedalam bentuk ikon grafis.
Secara sederhana Gui merupakan media yang dapat membantu pengguna memberikan perintah tertentu pada computer tanpa mengetik perintah, melainkan dengan gambar yang tersedia. Gui dapat dikonversikan menjadi ikon dalam layar monitor yang dapat diklik. Selain memudahkan pengguna ketika menggunakan aplikasi dalam computer, GUI juga berfungsi menambah nilai estetika dari aplikasi tersebut.
GUI pertama kali dikembangkan oleh Xerox. Adapun kelebihan dan kekurangan pada GUI.

Kelebihan GUI :
1.      Desain grafis lebih menarik
2.      Memungkinkan user berinteraksi secara langsung
3.      Memudahkan user dalam penggunaan aplikasi
4.      Resolusi gambar yang tinggi

Kekurangan GUI :
1.      Memakan memory yang sangat besar
2.      Bergantung pada perangkat keras
3.      Membutuhkan banyak ruang pada layar computer
4.      Kurang fleksibel

Sumber Artikel :

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

 
 
Blogger Templates