Social Icons

P2 - Macam - Macam Layanan Telematika

Macam - Macam Layanan Telematika
Nama : Yusuf Irawan
NPM : 18111749
Kelas : 4KA41

Sumber Artikel :

  1. Bidang Informasi
Pada bidang ini lebih ditujukan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, seperti pemberantasan kemiskinan, dan kesenjangan social, serta meningkatkan kualitas hidup masyarakat besar. Selain itu juga harus diarahkan untuk menjembatani kesenjangan politik dan budaya serta meningkatkan keharmonisan diseluruh laposan masyarakat. Sebagai contoh dalam bidang ini cara untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat yaitu diadakannya wartel dan warnet yang berperan penting sebagai media komunikasi antar masyarakat walaupun dipedalaman sekalipun masyarakat tetap dapat berkomunikasi satu dengan yang lainnya, dan masyarakat mendapatkan informasi yang dibutuhkan maupun yang sedang update pada saat ini.

  1. Bidang Keamanan
Pada bidang ini telah diwujudkan dengan memanfaatkan TI dalam rangka mwningkatkan pelayanan kemanan masyarakat kepada Polda yang ada. Pemanfaatan yang berjalan yaitu membuka layanan pengaduan atau laporan dari msyarakat melalui SMS dengan kode akses masing-masing daerah regional. Tidak sampai disitu selain laporan pengaduan keamanan dan kejahatan lainnya, masyarakat juga dapat menyampaikan uneg – uneg atau opinin mengenai perilaku dan layanan dari aparat kepolisian melalui email atau website yang sudah ada seperti contohnya di Jawa Timur telah memiliki website di http://www.jatim.polri.go.id
 
Disamping itu juga diperlukan penyesuaian berbagai peraturan mengenai undang – undang yang telah ada, seperti hak kekayaan Intelektual, perpajakan, persaingan usaha dan sebagainya. Dalam hal ini diperlakukan pembaruan demi membentuk ketahana dalam menghadapi berbagi bentuk ancaman kejahatan baru yang timbul sejalan dengan perkembangan telematika.

  1. Bidang Layanan Context Aware dan Event-Based
Di dalam ilmu komputer menyatakan bahwa perangkat komputer memiliki kepekaan dan dapat bereaksi terhadap lingkungan sekitarnya berdasarkan informasi dan aturan - aturan tertentu yang tersimpan di dalam perangkat. Gagasan inilah yang diperkenalkan oleh Schilit pada tahun 1994 dengan istilah context - awareness. Context - awareness adalah kemampuan layanan network untuk mengetahui berbagai konteks, yaitu kumpulan parameter yang relevan dari pengguna (user) dan penggunaan network itu, serta memberikan layanan yang sesuai dengan parameter - parameter itu. Beberapa konteks yang dapat digunakan antara lain lokasi user, data dasar user, berbagai preferensi user, jenis dan kemampuan terminal yang digunakan user. Sebagai contoh : ketika seorang user sedang mengadakan rapat, maka context - aware mobile phone yang dimiliki user akan langsung menyimpulkan bahwa user sedang mengadakan rapat dan akan menolak seluruh panggilan telepon yang tidak penting. Dan untuk saat ini, konteks location awareness dan activity recognition yang merupakan bagian dari context - awareness menjadi pembahasan utama di bidang penelitian ilmu komputer.

  1. Bidang Layanan Perbaikan Sumber
Layanan perbaikan sumber yang dimaksud adalah layanan perbaikan dalam sumberdaya manusia (SDM). SDM telematika adalah orang yang melakukan aktivitas yangberhubungan dengan telekomunikasi, media, dan informatika sebagai pengelola,pengembang, pendidik, dan pengguna di lingkungan pemerintah, dunia usaha,lembaga pendidikan, dan masyarakat pada umumnya.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

 
 
Blogger Templates